Perkuat Kemampuan Teknis Tim IT, Vadhana Hadirkan Pembicara dari Politeknik Caltex Riau

Gambar Perkuat Kemampuan Teknis Tim IT, Vadhana Hadirkan Pembicara dari Politeknik Caltex Riau

PT Vadhana International kembali menggelar Internal Workshop dengan tema Pengelolaan Server pada hari kamis 08 Agustus 2019 di Kantor PT Vadhana International Pekanbaru. Worskhop ini mengahadirkan pemateri Muhammad Arif Fadhly Ridha, S.Kom., M.T CCNA, MTCNA, MTCRE, MTCIPv6E, MTCWE, CEH, CHFI, ECIH, S-ISF, S-ITSF, S-ITSP, S-EHF, S-EHP yang merupakan dosen dari program studi Teknik Informatika dan juga menjabat sebagai Kepala Bagian Sistem dan Teknologi Informasi Politeknik Caltex Riau.

 

Pada Workshop kali ini dibahas mengenai teknis pengelolaan server yang sedang berkembang saat ini yaitu dengan menggunakan Teknologi Container. Seperti yang kita ketahui Container hadir sebagai  teknologi pesaing Teknologi Virtualisasi saat ini. Container datang dan membawa beberapa perubahan. Dengan container, sebuah program ‘diikat’ beserta library nya, file konfigurasi, dan seluruh hal yang dibutuhkannya. Perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan virtualisasi adalah container memiliki ukuran file yang jauh lebih kecil, hal itu dsebabkan karena Container tidak perlu menyiapkan sistem operasi secara penuh. Aplikasi yang menggunakan container pun dapat berjalan jauh lebih cepat dan lebih efisien.

Teknologi Container yang dibahas pada workshop ini adalah Docker. Docker merupakan salah satu teknologi container yang paling banyak digunakan saat ini. Docker merupakan sebuah project open-source yang menyediakan platform terbuka untuk developer ataupun sysadmin dengan tujuan membangun, mengemas, dan menjalankan aplikasi dimanapun sebagai sebuah wadah (container) yang ringan. 

Suasana Workshop Pengelolaan Server di Kantor Vadhana International

Dikutip dari situs resmi docker, pengembang aplikasi dapat mengefektifkan waktu dengan menghilangkan proses konfigurasi untuk programnya. Selain itu, berkat fitur sandbox, pengembang lebih leluasa untuk berkreasi tanpa takut merusak programnya. Terakhir docker menjamin program yang telah kita buat, selamanya berjalan normal. Pemaketan aplikasi dan seluruh kebutuhannya, memastikan aplikasi berjalan lancar pada kondisi lingkungan yang berbeda-beda.

Acara ini ditutup dengan diskusi terkait kondisi dan rencana pengembangan IT di lingkungan PT Vadhana International.